Menu Close
previous arrow
next arrow
Slider

Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan Raih Beasiswa Prestasi Pemkab Tegal

Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan Memperoleh Beasiswa Dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal Tahun 2017

 

Beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Terdapat berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan dan dapat diikuti oleh pelajar maupun mahasiswa. Salah satu beasiswa yang banyak ditawarkan adalah beasiswa prestasi yang diberikan oleh pemerintah daerah. Tujuan Pemerintah Daerah memberikan beasiswa kepada warganya yang sedang dalam proses belajar dan berprestasi adalah sebagai bentuk dukungan dan penghargaan. Harapannya tentu agar pelajar atau mahasiswa tersebut berhasil menyelesaikan proses studinya dengan baik serta membawa nama baik daerahnya.

Salah satu beasiswa prestasi yang diberikan pemerintah daerah adalah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA). Beasiswa prestasi yang telah diselenggarakan selama dua tahun terakhir ini adalah bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Tegal untuk berpacu meningkatkan prestasi akademik dan non akademik. Beasiswa ini cukup banyak diminati oleh mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Tegal dan sedang melakukan studi di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta ternama di tanah air. Setelah dilakukan proses seleksi diperoleh 25 (dua puluh lima) nama mahasiswa calon penerima beasiswa dari pemerintah Kabupaten Tegal yang berasal dari beberapa perguruan tinggi seperti UI, UNNES, UNISULA, UNS, UNDIP, UMP, Dan UNWIKU Purwokerto. Setelah melalui tahap seleksi akhir dan wawancara didapatlah 9 (sembilan) nama mahasiswa yang dirasa paling berhak menerima beasiswa prestasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal. Dari sembilan mahasiswa tersebut salah satunya adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma (UNWIKU) Purwokerto yang bernama Dwi Suciarti.

Dwi Suciarti tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unwiku semester 6 (VI). Saat mengajukan beasiswa prestasi Pemerintah Kabupaten Tegal ia memiliki prestasi akademik yang baik yaitu mampu memperoleh IPK sebesar 3,84. Gadis yang pada bulan November nanti akan genap berusia 22 tahun ini berasal dari keluarga petani sederhana di Desa Harjasari Kecamatan Surodadi Kabupaten Tegal. Meskipun latar belakang pendidikan anak kedua dari dua bersaudara ini tidak terlalu cemerlang namun ia memiliki semangat belajar dan kemauan yang tinggi. Hal tersebut terlihat dari cara belajarnya di dalam kelas seperti yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Akademik Sekaligus Sekretaris Program Studi Ekonomi Pembangunan yaitu Pahrul Fauzi SE., M.Si yang mengatakan bahwa “Dwi Suciarti itu seorang mahasiswi yang memiliki semangat belajar yang baik, ia cukup menonjol di kelas dibanding dengan teman-temannya yang lain”.

Berdasarkan hal tersebut Dwi Suciarti dianggap layak untuk mendapatkan beasiswa prestasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal. Semoga melalui beasiswa tersebut semakin memacu untuk terus meningkatkan prestasi khususnya bagi yang bersangkutan umumnya bagi seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto.

Jayalah selalu Unwiku, Percaya dan Yakinlah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *